Tips Mengendalikan Rasa Marah

MuslimPergi. Aplikasi Umroh dan Haji. Satu Paket Sistem untuk Kebutuhan Biro Travel Umroh Anda. Pengelolaan biro travel umroh menjadi lebih efisien dan maksimal sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan paket.

Dengan ada nya software umroh dan haji ini, jamaah tidak lagi perlu khawatir akan data – data yang diperlukan seperti Tanggal Keberangkatan, Jumlah Hari, Sisa Kursi dll.

Untuk menghindari dan menghilang amarah, maka sebaiknya Anda melafadzkan doa marah. Doa marah akan mampu mengendalikan rasa tidak baik tersebut dan nantinya mampu memberikan efek luar biasa bagi Anda. Lalu, apa sebenarnya yang merupakan khasiat doa ketika marah?

Tips Mengendalikan Rasa Marah 

Marah adalah bagian dari emosi yang dirasakan manusia. Akan tetapi, marah juga banyak menimbulkan dampak negatif. Segala hal yang dilakukan karena marah tidak akan menimbulkan hal baik.Maka dari itu, jika Anda marah maka sebaiknya lekaslah untuk mengendalikan amarah dengan cara berikut. 

1.Berhitunglah

Untuk meredam amarah, Anda bisa coba berhitung. Benarkah? Tentu saja. Sebelum marah, Anda bisa berhitung 1 sampai 10 terlebih dahulu. Bila kurang bisa coba berhitung hingga 100. Ketika berhitung itulah, maka denyut nadi Anda akan menurun dan niscaya kemarahan akan berkurang. 

2.Tarik napas 

Jika berhitung masih gagal, maka cobalah untuk menarik dan mengeluarkan napas lambat. Cobalah beberapa kali menarik napas lewat mulut dan mengeluarkannya lewat hidung untuk mengurangi rasa marah Anda. 

3.Lakukan olahraga 

Olahraga juga bisa mengurangi rasa marah. Anda bisa melakukan beberapa olahraga sederhana guna mengurangi letupan amarah yang ada di dadamu. Contohnya, bersepeda, jogging bahkan berjalan kaki sekalipun. Olahraga kecil seperti ini tentu bisa mengalihkan pikiran dan menjadikan sirna amarah Anda. 

4.Relaksasikan otot-otot Anda 

Jika olahraga kecil tidak mempan, maka cara berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan merelaksasikan otot-otot. Saat amarah mulai naik, maka cepat-cepatlah melakukan peregangan di sejumlah otot-otot Anda. Lakukanlah sambil membuang napas perlahan. 

5.Mendengarkan musik 

Suka mendengarkan musik? Cobalah untuk meredam amarah Anda dengan cara sederhana ini. Mendengarkan musik pastinya akan membuat pikiran Anda tenang. Jika perlu pakailah earphone dan cobalah pergi ke tempat-tempat yang menenangkan. Amarah Anda nantinya akan pergi dengan mudah. 

6.Berdoa 

Saat marah maka berdoalah. Doa ketika marah akan mengurangi terbakarnya hati Anda karena emosi sesaat tersebut. Berdoalah dengan khusyuk dan berharap hanya kepada Allah SWT untuk menghilangkan amarah Anda. Pastikan niatkan dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan ketenangan diri. 

Keutamaan doa ketika marah tentunya akan menghadirkan bentuk kekuatan dari dalam diri serta mampu menjadikan Anda lebih bisa berpikir jernih. Lantunan doa saat marah juga sangat sederhana dan bisa Anda hafalkan dengan cepat. 

Allahummaghfirli dzanbi wa adzhib ghaiza qalbi wa ajirni minas syaithani”. 

Artinya: Ya Allah, Tuhanku. Ampuni segala dosaku, redamlah amarahku dan lindungi diri ini dari pengaruh syaitan. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *