Sholat Hajat: Anjuran, Keutamaan, dan Waktu Pelaksanaannya

Setiap orang pasti memiliki sesuatu hajat atau keinginannya masing-masing. Hajat tersebut dapat berupa kebutuhan, harapan, atau bisa juga keinginan di dalam hidupnya. Agama Islam pun mengajarkan seseorang untuk bermunajat melalui sholat hajat agar doa-doanya dikabulkan Allah.

Anda dapat membuat permohonan dan permintaan pada Tuhan Semesta Alam dalam berbagai bentuk. Bahkan Islam mengajarkan ketika beribadah hendaknya diucapkan melalui permohonan kepada Allah SWT. Anda pun bisa memohon langsung kepada-Nya.

Anjuran Tentang Mengerjakan Amalan Sholat Hajat

Sholat hajat adalah termasuk ke dalam sholat sunnah yang diajarkan kepada umat muslim secara khusus tentang keinginan atau hajat. Sholat ini pun ternyata memiliki keistimewaan yang banyak. Anda sebaiknya meminta hajat supaya terkabul hanya kepada-Nya melalui sholat sunnah ini.

Berbicara tentang sholat sunnah satu ini, Nabi Muhammad bersabda bahwa barang siapa yang berwudhu dengan sempurna, lalu melaksanakan sholat (hajat) 2 rakaat secara sempurna. Maka Allah SWT akan mengabulkan permintaannya dalam waktu cepat atau lambat. (HR. Ahmad)

Anda bisa melihat bahwa berdasarkan hadis di atas, nabi Muhammad menganjurkan kepada seluruh umat muslim untuk mengerjakan sholat (hajat) 2 rakaat apabila berharap supaya Allah mengabulkan keinginannya.

Keutamaan Mengerjakan Sholat Hajat

Anda akan memperoleh keutamaan berupa keinginan yang dikabulkan Allah SWT ketika melaksanakan sholat (hajat) berjumlah 2 rakaat, tentunya dengan jalan terbaik atas kehendak-Nya. selain itu sholat ini juga mendatangkan Anda berbagai kebaikan lainnya seperti:

–     Dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah –     Memperoleh pahala –     Mempunyai rasa tawakkal yang lebih kuat daripada sebelumnya –     Memperoleh perasaan tenang

Waktu Pelaksanaannya yang Perlu Anda Ketahui

Utamanya, sholat sunnah ini dilaksanakan ketika malam hari seperti halnya mengerjakan sholat Tahajud. Tetapi sholat sunnah hajat adalah sholat hukumnya sunnah dan dapat Anda kerjakan sepanjang waktu, kecuali waktu-waktu terlarang untuk mendirikan sholat.

Adapun waktu terlarang yang dimaksud sdi antaranya seperti:

–     Mulai dari waktu masuknya sholat subuh sampai dengan terbitnya matahari. –     Sejak matahari terbit sampai meninggi, yaitu kira-kira sekitar 15 menit setelah terbitnya matahari. –     Mulai dari waktu masuknya sholat ashar sampai dengan matahari tenggelam. –     Sejak matahari mulai untuk tenggelam sampai tenggelam dengan sempurna. (lihat pada Minhah Al ‘Allam Fii Syarh Bulugh Al Maram, 2: 205)  Sedangkan untuk sholat hajat ini mempunyai jumlah rakaat yang dijelaskan melalui kitab karya Imam Ghazali berjudul Ihya Ulumudiin. Imam Ghazali menyampaikan di dalam bukunya, bahwa bisa dikerjakan dengan jumlah rakaat mulai dari 2 s.d. 12 rakaat serta disertai salam setiap 2 rakaatnya. Waktu terbaik untuk melaksanakannya adalah pada saat sudah memasuki sepertiga malam bagian terakhir. Jika Anda ingin melakukan ibadah sunnah lainnya, umroh adalah pilihan tepat. Anda bisa memilihnya di tempat travel umroh terpercaya. Apalagi sudah ada sistem travel terkini, Muslim Pergi – penyedia layanan aplikasi haji dan umroh terpercaya. Sistem tersebut menawarkan banyak kelebihan untuk digunakan selama Anda berada di Mekkah. Selain itu Anda juga akan dipandu bacaan-bacaan doa, penghitungan tawaf secara otomatis, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lanjut, hubungi kami MuslimPergi.  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *