Doa dan Cara Melunasi Hutang?

PT. Muslimina Indo Persada atau MuslimPergi hadir untuk menawarkan kemudahan dalam tata keloka biro travel dengan software haji dan umroh dengan segudang fitur menarik baik untuk biro, agen hingga jamaah.

Berbagai fitur kemudahan disisi management travel haji dan umroh seperti, kemudahan pemesanan paket, detail informasi paket yang informatif, layanan radio transmitter, manasik dan sebagainya. Ayo, instal aplikasi ini sekarang juga!

Doa terbebas hutang seringkali dipanjatkan oleh orang-orang yang sedang terbelit perkara tersebut. Berhutang memang perlu dihindari, terlebih lagi ketika berhutang untuk keperluan yang tidak begitu penting. Hal tersebut tentu akan menganggu keuangan Anda. 
Saat berhutang maka Anda akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran sesuai nominal yang dihutang. Berhutang juga akan menimbulkan banyak problematika seputar kesehatan. Misalnya, stres, depresi dan berbagai tekanan yang bersifat psikologis lainnya.

Pentingnya Doa Terbebas Hutang 

Di masa pandemi seperti ini semua keadaan memang serba sulit. Termasuk urusan keuangan. Tidak sedikit orang yang kemudian berhutang demi mencukupi kebutuhan harian. Akan tetapi, sebaiknya jangan menjadikan hutang sebagai pilihan terbaik. Sebab, berhutang bisa memberikan dampak buruk. 

Terlebih ketika sudah masuk masa pembayaran hutang dan Anda belum bisa membayarnya. Tentu hal tersebut bisa menjadi beban pikiran Anda, bukan? Berhutang bisa menyebabkan sejumlah dampak psikologis lainnya. Maka dari itu, hindarilah berhutang dengan doa anjuran Rasulullah SAW berikut. 

Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wak hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhi, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal”. 

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya hamba berlindung kepada-Mu dari keadaan bingung dan sedih. Hamba berlindung kepada-Mu dari segala rasa lemah dan malas. Hamba berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut lagi kikir. Dan hamba berlindung kepada-Mu dari lilitan hutan serta keegoisan manusia.

Mengingat hutang begitu banyak menimbulkan dampak buruk, sebaiknya Anda berusaha untuk menghindarinya. Daripada berhutang untuk membeli sesuatu, maka lebih baik menabungnya saja. Tabungan juga akan sangat berguna untuk kebutuhan mendadak seperti pada masa covid ini. 

Bagaimana Cara Menghentikan Hutang?

Walaupun Anda sudah mengetahui doa terbebas hutang, namun tetaplah berusaha untuk menghentikan kebiasan berhutang. Terlebih untuk hal-hal tidak penting. Untuk itu, cobalah menerapkan beberapa cara menghentikan hutang seperti berikut. 

1.Buatlah daftar jumlah penghasilan serta beban bulanan 

Catatlah seluruh beban yang Anda keluarkan setiap bulannya sesuai dengan pendapatan. Misalnya, kebutuhan makan, transportasi, sewa rumah, biaya kuota dan lainnya. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan penghasilan yang diperoleh. Cara ini cukup efektif untuk menghentikan kebiasan hutang.

2.Buatlah anggaran bulanan 

Anggaran bulanan merupakan cara terbaik guna mengontrol output bulanan. Dengan membuat anggaran maka Anda juga akan bisa untuk melacak kemana saja aliran uang bulanan tersebut. Batasilah pengeluaran apabila terjadi pemborosan. Dengan begini risiko berhutang akan segera bisa dihentikan. 

3.Hindari kebiasan belanja berlebih 

Sering beli barang tapi tidak tahu kapan memakainya? Mulai sekarang cobalah untuk menghindari hal ini. Saat membeli barang yang belum tentu kapan terpakai, maka sebenarnya ini bisa membuat Anda kian boros. Kebutuhan semacam ini bisa memicu berhutang secara terus-menerus. 

4.Sisihkan dana 

Setiap mendapatkan gaji bulanan usahakan untuk menyisihkannya walau sedikit. Hal ini sangat penting guna mengatasi kebutuhan darurat. Saat memiliki dana darurat maka Anda tidak akan lagi kesulitan mencukupi kebutuhan di masa serba susah seperti saat ini. 

Sebelum memutuskan untuk berhutang, sebaiknya Anda berpikir panjang terlebih dahulu. Apabila terlanjur berhutang maka segeralah untuk melunasinya dan panjatkan doa terbebas hutang dengan sungguh-sungguh. 

Tag: hutang, doa terbebas hutang, cara menghentikan hutang

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *